Membangun WEB Bisnis

Ratusan artikel maupun buku mengenai tehnik pemasaran diinternet yang
beredar di pasaran berisi tentang bagaimana memulai sebuah bisnis yang
dapat memberi keuntungan dalam satu malam. Saya berharap melalui artikel
ini pembaca dapat mulai melihat beberapa tehnik yang ada dan menjadikannya
sebagai sumber informasi untuk bisnis baru anda.

Saya tidak akan bercerita panjang lebar pada setiap tehnik yang akan saya
sampaikan karena hal ini hanya akan memakan waktu. Salah satu tujuan
artikel ini adalah untuk memberikan informasi yang singkat dan mengena
cocok untuk dijadikan pegangan praktis dan strategis.

1. Bangun Unique Web Position dalam bisnis anda.
Apa hal yang paling unik dari produk atau layanan anda ? Apakah lebih baik
dari pesaing anda atau sama dengan apa yang ditawarkan oleh produk
orang lain ?
Site online yang sukses tidak akan menyamakan seperti yang sudah ada.
site yang mampu untuk menang adalah yang memunculkan sisi unik dari
target pasarnya.

2. Unique Web Position lebih penting daripada copy iklan.
Gabungkan antara konsep dan UWP yang bagus akan selalu berhasil meskipun
hanya menggunakan copy iklan yang biasa-biasa saja.

3. Jangan hanya menawarkan harga murah, jika tidak menjual produk.
Dalam beberapa kasus, anda mungkin memasang harga tinggi pada produk
yang ditawarkan. hal ini terjadi karena anda tidak memposisikan diri untuk
mempersembahkan produk yang bernilai tambah kepada konsumen anda.
dengan kata lain, berikan selalu nilai tambah pada produk yang anda tawarkan.

4. Temukan pasar sebelum menciptakan produk.
Orang yang memulai bisnis dengan sebuah produk baru kemudian mencari pasarnya
akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Temukan pasar dengan
orang-orang yang telah siap untuk membeli sebuah produk.
Kebanyakan yang pertama kali dicari oleh pengusaha sukses adalah pasar baru
kemudian mengembangkan produk yang secara konstan dicari dan dibeli oleh
konsumennya.

5. Temukan kerumunan yang lapar.
semakin lapar pasar potensial akan produk anda, kemungkinan untuk sukses
akan selalu tersedia. Jangan habiskan waktu anda untuk mengubah kebiasaan
kebiasaan orang dalam membeli. Ciptakan dan temukan produk yang banyak
dicari orang.

6. Jangan coba-coba membut pasar.
Temukan pasar yang sudah ada. Jika anda mengalami kesulitan dalam
mengggambarkan siapa prospek anda sebenarnya, maka anda akan menghadapi
cobaan berat dalam menjual produk anda. Masuklah kepasar yang telah siap
untuk membeli produk anda.

7. Testing adalah kunci keberhasilan.
Sebuah iklan mungkin bisa bekerja 10 kali lebih efektif dengan iklan lain yang
hampir mirip untuk produk yang sama. Untuk itu, anda harus selalu melakukan
test untuk tajuk iklan, penawaran, jaminan, dan metoda meningkatkan permintaan
lainnya. Penjual yang paling sukses tidak selalu yang paling pintar. Mereka
adalah yang selalu melakukan test untuk memperoleh metoda yang paling baik
tanpa pernah menyerah.

8. Alasan melakukan iklan untuk meningkatkan penjualan.
Sebuah usaha kecil tidak akan mampu untuk menganggarkan jutaan rupiah untuk
belanja iklan, menciptakan brand name untuk website mereka. Sebagai contoh,
banner iklan anda harus diuji coba untuk meyakinkan bahwa setiap rupiah
yang dikeluarkan dapat meningkatkan keuntungan penjualan.

9. Selalu ada biaya untuk sebuah iklan gratis.
sekecil apapun iklan yang anda lakukan pati akan menarik ongkos dari anggran,
entah dalam bentuk uang maupun waktu. Yakinkan bahwa semua ini dapat berjalan
sesuai dengan harapan. tidak ada satupun yang anda lakukan yang benar
benar gratis.

10. Setiap aspek dari website dan pemasaran anda harus difokuskan untuk
menampilkan UWP anda kepada konsumen.
Apapun yang anda lakukan harus selalu difokuskan pada Unique Web Position
strategy. File signature, tajuk, order form, free reports, iklan dll.
Buatlah konsumen anda selalu tahu apa yang membuat anda berbeda dari pesaing anda.

11. Integrasikan yang anda lakukan dalam satu strategi.
Aktifitas yang bermacam-macam, free report dan iklan harus difokuskan pada
prospek yang sama dan secara terus menerus menggiring prospek ke arah keputusan
pembelian. Jangan memfokuskan pada bagaimana mendatangkan jutaan orang untuk
mengunjungi website anda. Sepuluh orang prospek yang siap untuk membeli
semua produk yang ditawarkan akan lebih baik dan berguna dibandingkan dengan
jutaan orang yang hanya melihat-lihat saja.

12. Rencanakan berbagai aliran pendapatan di muka.
Pada banyak kasus, 50%-90% atau lebih dari keuntungan bisnis internet diperoleh
dari tambahan layanan. Jika anda lalai memberi lebih dari satu jenis produk
atau jasa, anda akan kehilangan sebagian besar keuntungan.

13. Yakinkan anda menyertakan barang bernilai tambah dalam keseluruhan strategi.
Jika anda menjual dengan harga murah (dibawah Rp. 5.000,-) bukan barang
konsumsi, anda harus menambah nilai pada barang tersebut. Akan lebih mudah
menjual sebuah barang berkualitas tinggi seharga 1 juta dibanding menjual 50
barang seharga 50 ribu.

14. Ciptakan wadah internet marketing milik sendiri.
Strategi terbaik yang dapat melibatkan barang berkualitas rendah, sedang
maupun tinggi secara bersama-sama adalah menyatukannya dalam sebuah wadah.
Contoh, seorang konsultan dapat membuat buku untuk produk biasa, kursus
pemasaran untuk penawaran medium. Kemudian untuk penawaran tinggi dengan
memberi konsultasi yang sebenarnya sebagai Core Bussiness-nya.

15. Ambil pasar yang paling anda sukai.
Jangan mengambil pasar atau produk berdasarkan uang. Temukan sesuatu yang
benar-benar anda sukai. Jika anda bersemangat dengan pasar anda, maka anda
akan menemukan cara yang mudah untuk menggelutinya sampai anda mencapai
kesuksesan.

16. Selalu bersedia berfikir diluar wilayah anda.
Bersedia untuk memandang dan berfikir di luar internet untuk menemukan
ide-ide maupun strategi-strategi baru yang mungkin dapat membantu
meningkatkan keuntungan. Jika sebuah tehnik dapat membantu menaikan keuntungan
secara off-line, bisa jadi diterapkan secara online. Satu-satunya cara untuk
untuk mengetahui hal itu adalah dengan testing.

17. Tidak ada tehnik pemasaran yang benar-benar baru.
Kita membicarakan tentang tehnik terbaru, tetapi sebenarnya tidak ada tehnik
pemasaran yang benar-benar baru. Seseorang diindustri yang berbeda mungkin
telah menggunakannya. Jadi tetaplah buka mata, buka telinga dimanapun anda
berada.

18. Sifat manusia selalu sama.
Kaidah pemasaran yang sudah ada sejak 100 tahun yang lalu dan masih berfungsi
sampai sekarang adalah sifat manusia tidak akan berubah. Contoh, konsumen
akan lebih tertarik kepada dirinya sendiri dibanding dengan bisnis anda.
Orang masih menginginkan keuntungan dasar bagi dirinya sendiri bukan
orang lain.

19. Temukan kesempatan yang paling mudah.
Jangan pilih produk yang berbiaya 20 juta yang memakan waktu 2 tahun untuk
selesai, terutama bila anda sedang memulai sesuatu. Cari proyek yang hanya
memakan waktu satu bulan. Memang cukup melelahkan bila sedang memulai,
namun pastikan anda masih dalam jalur yang benar.

20. Hindari tantangan ketika memilih bisnis.
Tantangan yang sebenarnya akan muncul setelah anda selesai mendirikan suatu
proyek. jadi, temukan proyek yang anda yakin dapat diselesaikan dalam jangka
waktu pendek. Kebanyakan pemula tidak pernah dapat menyelesaikan proyek yang
memakan waktu lebih sebulan.

Semua yang tertulis diatas sangatlah mudah untuk diucapkan, tetapi hal
sebenarnya dalam mengaplikasikannya dalam bisnis anda adalah hal yang lain lagi.
Tanyakan pada diri anda saat ini, apakah anda telah melakukan seperti yang ditulis
diatas selama ini?

Jangan pernah berhenti berfikir dan bawalah selalu sebuah pena dan kertas,
siapa tahu anda menemukan ide-ide baru untuk bisnis anda, atau pemikiran baru
yang belum pernah terfikirkan sebelumnya. Anda pasti tidak ingin melewatkannya.

Selamat Mencoba, Semoga Sukses !

0 komentar:

Copyright © 2008 - Bisnis Online - is proudly powered by Blogger
Blogger Template